HOT NEWS

96. Tanah Retak di Desa Parakan Warga di Ungsikan

peninjauan lokasi tanah gerak oleh BPBD

Kamis 13 oktober 2016 Pkl 09.00 WIB bertempat ,di Dsn Jelok RT.08 RW.03 Desa Parakan Kec Trenggalek, telah terjadi tanah bergerak yg berdampak pada 23 rumah warga dan 1 mushola mengalami retak-retak sehingga sekitar 70 warga Dsn Jelok Desa Parakan berinisiatif untuk mulai mengungsi.

A. Kronologi kejadian :
Sekitar pkl 00.00 WIB tadi malam dirumah Bpk Suroso umur 51 thn alamat RT.08 RW.03 Desa Parakan Kec. Trenggalek mengalami retak dibagian belakang kamar rumahnya. Selanjutnya pada pagi harinya 23 rumah yg lainya ikut merasakan pergerakan dan retak-retak sehingga warga yg berada di RT.8 RW.03 berusaha untuk mengungsi.

B. Akibat kejadian tersebut :
1. Kerugian personil : Nihil
2. Kerugian materiil : 23 rumah rata - rata retak dan terancam longsor mengingat konstruksi tanah yg terus bergerak.

C. Tindakan yang di ambil :
Saat ini Danramil 01/ Trenggalek, Camat Trenggalek , BPBD , Babinsa desa Parakan serta perangkat desa melaksanakan pengecekan ke lokasi dan mendata warga yg akan diungsikan.

Untuk sementara bagi korban yang memiliki keluarga disekitar Desa Parakan dan Sukosari sementara ini mengungsi ke rumah saudaranya.

Untuk warga yang tidak memiliki saudara di wilayah terdekat rencananya akan diungsikan ke Balai Desa Parakan sambil menunggu koordinasi dengan Dinas Nakertransos dan menunggu perkembangan situasi.

Warga juga dikumpulkan untuk diberi sosialisasi apabila terjadi longsor, dan langkah langkah yang harus diambil, serta Melaporkan kejadian ini kepada komando atas dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait.

D. Untuk giat hari ini 14 oktober 2016  BPBD hari ini bersama Koramil, Kepilisian, Tagana, Satpol PP membantu warga Desa Parakan,Kab.Trenggalek menimbun tanah yang retak dan membuat saluran air untuk mengalihkan air hujan agar tidak mengarah ke tanah yang retak.

    

Untuk tindakan Siaga, TRC di bantu masyarakat bergiliran untuk melakukan kontrol ke tempat tanah retak.

Hits: 319