HOT NEWS

Hujan Lebat Akibatkan Bencana Di Beberapa Titik Kabupaten Trenggalek

Kamis, 11 November 2021, hujan yang mengguyur kabupaten Trenggalek sejak Rabu dini hari hingga Kamis 11 November 2021 mengakibatkan sejumlah bencana di beberapa wilayah di kabupaten Trenggalek. Di Dsn. Karang Ds. Wonocoyo Kec. Panggul. Sekitar Pukul 06.30 WIB air sungai meluap ke sepanjang jalan Dsn. Karang Ds. Wonocoyo dengan ketinggian 30 cm. Tim TRC PB, Pusdalops PB, TNI, POLRI, Pemdes meninjau lokasi kejadian dan melakukan pemantauan. Sekitar Pukul 08.00 WIB air berangsur mulai surut. Di tempat lain tepatnya RT. 37 RW. 10 Dsn. Gebyok Ds. Munjungan Kec. Munjungan sekitar Pukul 05.00 WIB terjadi tebing longsor dengan tinggi 4 m dan panjang 10 m, mengakibatkan tanah ambles dan tembok penahan tebing ambrol. Tim TRC PB, TNI, Pemdes dan masyarakat meninjau lokasi dan langsung melaksanakan giat kerja bakti pembersihan material longsor. Kejadian serupa juga terjadi di RT. 18 RW. 06 Dsn. Weru Ds. Joho Kec. Pule Kab. Trenggalek. Sekitar pukul 08.00 WIB terjadi tanah longsor. Kali ini tebing dengan tinggi 15 m lebar 15 m menimpa rumah warga An. Mamik. Tim TRC PB, Relawan BPBD, Babinsa, BKTM, Pemdes, Tiga Pilar beserta masyarakat meninjau lokasi dan melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsor. Tidak ada korban atas kejadian ini. Diharapkan warga kabupaten Trenggalek tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi apabila hujan 1 jam berturut-turut dengan intensitas sedang hingga tinggi dan jarak pandang 30m tidak terlihat, maka masyarakat yang berada di daerah lereng atau tebing yang rawan longsor dapat meningkatkan kewaspadaan atau melakukan evakuasi sementara ke tempat yang lebih aman.

Add a comment

Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Dilem Wilis

Rabu, 29 September 2021 BPBD Trenggalek mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembentukan Destana (Desa Tangguh Bencana)  yang bertempat di Dilem Wilis Ds. Dompyong Kec. Bendungan. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari tanggal 29 dan 30 September 2021. Acara di buka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Drs. Djoko Rusianto M.Si dan dihadiri oleh Muspika Kec. Bendungan, peserta dari 4 desa yaitu Ds. Sengon, Ds. Srabah, Ds. Surenlor, Ds. Dompyong dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan BPBD Kab. Trenggalek sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan membina ketangguhan masyarakat rawan bencana serta meningkatkan partisipasi peran masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Add a comment

Hujan Deras 14 September 2021 Akibatkan Tanah Longsor dan Jembatan Ambles

Selasa, 14 September 2021 sejak pukul 14.30 hingga pukul 16.57 WIB terjadi hujan intensitas sedang- lebat di wilayah Kabupaten Trenggalek. Sekitar Pukul 15.30 WIB terjadi tanah longsor di dua titik. Lokasi pertama beraada di Rt.12 Rw.05 Dsn.Kebonagung Ds.Depok Kec.Bendungan yang mengakibatkan dinding dapur dan halaman samping rumah atas nama Bapak Kolil tertimbun material longsor. Lokasi kedua berada di Jalur alternative Trenggalek – Tulungagung. Tebing dengan tinggi 10m, lebar 8 m longsor dan mengakibatkan bahu Jalan dg panjang ±3m dan lebar ±30cm amblas. Lokasi Terahir berada di Rt. 03 Rw. 01 Dsn. Tegalrejo Ds. Ngares Kec. Trenggalek. Sekitar Pukul 15.30 WIB penyangga jembatan ambles ± 1m dan membahayakan untuk dilalui. Atas kejadian tersebut Kalaksa BPBD Trenggalek beserta Kabid dan Kasi Kedaruratan beserta TRC BPBD, Babinsa, Perangkat Desa dan masyarakat meninjau lokasi longsor dan Jembatan ambles Untuk giat pembersihan longsor menunggu hujan reda dan kondisi aman. Menghimbau pemilik rumah untuk meningkatkan kewaspadaan jika terjadi longsor susulan. Melakukan koordinasi untuk pemasangan rambu di lokasi jalan dan jembatan yang amblas.

Add a comment